Apa Fungsi Trotoar?

Sore ini saya menemani Senja mengerjakan Pr ppkn. Pertanyaan pertama, "Trotoar di jalan berfungsi untuk ... ". Senja yang masih kelas satu kebingungan menjawab karena dia belum paham konsep trotoar itu apa. Lalu saya beri penjelasan tentang 'trotoar'. Bahwa trotoar adalah sebuah tempat yang ada di kanan dan kiri bahu jalan, biasanya bentuknya lebih tinggi beberapa meter dibanding jalan raya.

Sedikit-sedikit Senja mengangguk, mungkib mulai paham. Lalu saya bilang kalau di depan SD-nya, di SD Muhammadiyah Kauman juga ada trotoar. Kemudian, sekali lagi saya tanya, trotoar berfungsi untuk apa? Senja malah jawab, "kalau di depan sekolahku, trotoarnya dipake buat jualan angkringan, Mbak."

Toeng. Sontak saya ngakak. Antara lucu dan miris. Benar juga jawaban Senja. Di hampir semua titik di kota besar, trotoar memang sudah beralih fungsi menjadi tempat mangkal pedagang kaki lima ataupun jadi lahan parkir ilegal.

Pejalan kaki yang menjadi minoritas harus mengalah. Demikian juga kaum difabel. Di Jogja, pada beberapa titik trotoar sudah diberikan jalur khusus untuk kaum difabel. Sayangnya, lagi-lagi semua beralih fungsi.

Jadi, jawaban Senja yang seharusnya trotoar berfungsi untuk berjalan kaki tetapi dia jawab untuk berjualan, benar adanya. Karena, sehari-hari yang Senja lihat, trotoar buat jualan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Soto Terenak di Sekitar Kampus UGM versi Aulia

Catatan Perjalanan: Mengunjungi Kampung Baduy

Menengok Kampung Transmigran Jawa di Sorong (1)