Menjadi Tua Dimana?

Alangkah mengerikannya menjadi tua dengan kenangan masa muda yang hanya berisi kemacetan jalan, ketakutan datang terlambat ke kantor, tugas-tugas rutin yang tidak menggugah semangat, dan kehidupan seperti mesin, yang hanya akan berakhir dengan pensiun tidak seberapa.”
– Menjadi Tua di Jakarta, Seno Gumira Ajidarma.

Kamu ingin menghabiskan hari tua dimana? 
Saya masih berusia 25. Belum merasakan kerja mapan dengan gaji bulanan dan uang tabungan. Nafas saya bergantung di akhir pekan, apakah ada ajakan dolan atau enggak. Banyak orang bilang kalo cari duit jangan di Jogja karena hasilnya gak seberapa. Pergilah ke Jakarta karena uang berputar di sana. 
Tapi saya gak pernah betah di Jakarta. Kemacetan luar biasa ditambah manusia garang yang saya temui bikin saya makin gak nyaman di ibukota. Sebagai perbandingan, di Jakarta, hidup saya habis di jalan karena macet tiada terkira. Sedang di Jogja, dalam sehari saya bisa berpindah ke tiga tempat. Saya mencintai Jogja seperti mencintai rumah saya sendiri. Jadi, jawaban atas pertanyaan ingin menjadi tua dimana? Mungkin Jogja bisa menjadi pilihan jawaban itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Soto Terenak di Sekitar Kampus UGM versi Aulia

Catatan Perjalanan: Mengunjungi Kampung Baduy

Menengok Kampung Transmigran Jawa di Sorong (1)